FAKULTAS

Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan

01 September 2016 oleh anonim - 22770

IDENTITAS

Nama Perguruan Tinggi                     :  Universitas PGRI Ronggolawe (UNIROW) Tuban

Alamat                                              :  Jl. Manunggal 61 Tuban                                             

Nama Fakultas                                   :  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)

Alamat                                              :  Jl. Manunggal 61 Tuban

No. Telepon                                       :  0356-322233

No. Faksimili                                      :  0356 331578

Homepage dan E-Mail                         :  http://fkip.unirow.ac.id    fkip@unirow.ac.id

Nomor dan Tanggal                            : 17 / DIKTI / Kep /1992

SK Pendirian Fakultas                         :  9 Maret 1992

Pejabat yang Menerbitkan SK               :  Sukadji Ranuwihardjo     


Program studi yang dikelola oleh Fakultas/Sekolah Tinggi:

  1. PS Pendidikan Matematika (Jenjang pendidikan S1)
  2. PS Pendidikan Biologi  (Jenjang pendidikan S1)
  3. PS Pendidikan Ekonomi dan Akuntansi (Jenjang pendidikan S1)
  4. PS Pendidikan Pancasila & Kwganegaraan (Jenjang pendidikan S1)
  5. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia  (Jenjang pendidikan S1)
  6. Pendidikan Bahasa Inggris  (Jenjang pendidikan S1)
  7. Pendidikan Guru Pendidikan AUD  (Jenjang pendidikan S1)
  8. Pendidikan Guru Sekolah Dasar  (Jenjang pendidikan S1)  

VISI

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIROW Tuban menjadi fakultas terbesar di Jawa Timur bagian Barat yang mampu menghasilkan dan mengembangkan tenaga pendidik yang unggul berkualitas nasional pada tahun 2024.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang bermutu, profesional, dan berkepribadian nasional dengan wawasan global.
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian untuk mengkaji, menerapkan, dan mengembangkan IPTEKS sehingga dapat memiliki keunggulan kompetitif dan memperkaya khasanah keilmuan.
  3. Mengembangkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk membantu memecahkan permasalahan masyarakat dan meningkatkan pemahaman berkehidupan bermasyarakat.
  4. Mengembangkan iklim organisasi/manajemen yang sehat dan harmonis.
  5. Meningkatkan sinergitas kemitraan dengan pemerintah, pemerintah daerah, industri, dan masyarakat

 TUJUAN

    1. Menghasilkan lulusan yang bermutu, profesional dengan memiliki kualifikasi pengetahuan teoritis dan metodologis yang lebih komprehensif, serta memiliki sikap mental keilmuan dan berkepribadian nasional dengan wawasan global sehingga memiliki kemampuan daya saing yang handal dan mampu menciptakan lapangan
    2. Mengkaji, menerapkan, mengembangkan, dan menyebarluaskan IPTEKS yang releven dengan potensi dan kebutuhan pembangunan masyarakat sehingga dapat memiliki keunggulankompetitif dan memperkaya khasanah keilmuan.
    3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat secara sistematis dan terpadu untuk membantu memecahkan permasalahan masyarakat dan meningkatkan pemahaman berkehidupan bermasyarakat
    4. Merealisasikan iklim organisasi/manajeman yang sehat dan harmonis
    5. Merealisasikan sinergitas kemitraan dengan pemerintah, pemerintah daerah, industri, dan masyarakat lainnya baik dalam maupun luar negeri secara bertahap

Sebagai sasaran utama adalah mewujudkan iklim kinerja dan pembelajaran yang kondusif di lingkungan kampus maupun di luar kampus berdasarkan pilar Tridarma perguruan tinggi. Strategi jangka pendek  tahun 2017 adalah semua dosen minimal sudah lulus S2 dan memiliki jabatan akademik serta semua prodi harus sudah memiliki rasio dosen yang sesuai dengan regulasi dan semua prodi di lingkungan FKIP terakreditasi minimal B, jangka menengah tahun 2019 pendirian program Pascasarjana (S2 Program Studi Teknologi Pembelajaran dan S2 Program Studi Pendidikan Sain) dan peningkatan kualitas dosen dengan memberikan dorongan kepada tiap-tiap prodi agar mengirimkan dosen untuk mengikuti seleksi program Doktor sesuai dengan bidangnya masing-masing, serta strategi jangka panjang tahun 2025 FKIP menjadi fakultas keguruan dan ilmu pendidikan terbesar di Jawa Timur Bagian Barat dan Memiliki Program Pascasarjana. Strategi untuk mencapai tujuan/sasaran strategis dilakukan dengan menerapkan kebijakan pengembangan pendidikan tinggi, yaitu dengan pemerataan dan perluasan akses, peningkatan mutu, relavansi dan daya saing, serta penguatan tata kelola, akuntabilitas, dan pencitraan publik masing-masing pilar yang ada yang berisi akar masalah, identifikasi masalah, solusi kegiatan, dan mekanisme pelaksanaan kegiatan belajar mengajar secara efektif, efisien dan terkendali.

Sasaran strategis FKIP Unirow Tuban sebagai berikut.

  1. Berkembang dan diterapkannya sistem seleksi penerimaan mahasiswa baru.
  2. Berkembang dan meningkatnya sumberdaya pendukung kegiatan tridharma.
  3. Berkembang dan diterapkannya kurikulum berbasis kompetensi (KBK) dan sedang  di rencanakan implementasi kurikulum KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia).
  4. Meningkatnya kualitas daya dukung implementasi kurikulum (KBK maupun KKNI).
  5. Meningkatnya kemampuan berbahasa asing khususnya bahasa Inggris.
  6. Meningkatnya kapasitas dan kualitas penelitian dan pengabdian pada masyarakat
  7. Meningkatnya desiminasi hasil penelitian dan pengabdian masyarakat.
  8. Meningkatnya kerjasama dengan dunia perindustrian
  9. Meningkatnya kemampuan unit kerja untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas.
  10. Berkembangnya kegiatan penalaran mahasiswa melalui kegiatan PKM.
  11. Berkembangnya kegiatan kewirausahaan bagi mahasiswa di semua program studi
  12. Meningkatkan kegiatan seni, budaya dan olah raga bagi mahasiswa yang berorientasi pada prestasi
  13. Terlaksananya seminar secara reguler baik yang dilaksanakan oleh dosen maupun oleh mahasiswa.
  14. Meningkatnya publikasi ilmiah dosen dan mahasiswa.
  15. Meningkatkan kualitas isi jurnal ilmiah yang telah dimiliki FKIP dan bekerjasama dengan berbagai perguruan tinggi untuk penulisan jurnal ilmiah yang berkualitas,
  16. Berkembang dan diterapkannya sistem penilaian kinerja dosen dan staf.
  17. Berkembang dan diterapkannya sistem pembinaan karir staf berbasiskan meritocracy
  18. Tertatanya kelembagaan sesuai dengan fungsi dan peraturan perundangan yang berlaku.
  19. Terlaksananya monitoring dan evaluasi secara periodik oleh badan pejaminan mutu.
  20. Berkembangnya sistem perencanaan berbasiskan hasil evaluasi diri.
  21. Berkembang dan diterapkannya sistem manajemen mutu di seluruh unit kerja.
  22. Berkembangnya kerjasama kegiatan tridharma dengan stakeholders (Sasaran dan strategi pencapaian secara rinci tercantum pada RENOP)

Jumlah dosen tetap FKIP berdasarkan jabatan fungsional dan pendidikan tertinggi

No.

Hal

Jumlah Dosen Tetap yang bertugas

pada Program Studi:

Total di Fakultas

PS

PMat

PS

PBio

PS

PPKn

PS

PE

PS

PB.ING

PS

PBSI

PS

PG PAUD

PS

PGSD

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

(9)

(10)

(11)

A

Jabatan Fungsional :

1

Asisten Ahli

6

2

 

3

5

3

16

15

49

2

Lektor

-

1

1

7

3

2

5

6

25

3

Lektor Kepala

3

4

5

4

1

5

1

1

25

4

Guru Besar/Profesor

 

 

 

 

1

 

 

 

1

 

TOTAL

9

7

6

14

10

10

22

22

100

B

Pendidikan Tertinggi :

1

S1

1

 

 

 

 

 

2

3

6

2

S2/Profesi/Sp-1

5

3

1

10

9

9

19

18

74

3

S3/Sp-2

3

4

5

4

1

1

1

1

20

 

TOTAL

9

7

6

14

10

10

22

22

100

 

Data mahasiswa reguler dan mahasiswa transfer untuk masing-masing program studi S1 pada Tahun Akademik 2014/2015

No.

Hal

Jumlah Mahasiswa pada PS:

Total Mahasiswa

pada Fakultas

PS

PMat 

PS

PBio

PS

PPKn

PS

PE

PS

PB. ING

PS

PBSI

PG PAUD

PGSD

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

(9)

(10)

(11)

(12)

1

Program reguler

1. Mhs. baru bukan transfer

100

76

33

220

70

118

403

298

1318

2. Mhs. baru transfer

0

3

0

0

0

0

42

10

55

Total mhs. Regular

299

224

101

599

308

366

973

767

3637

Program Studi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan :

  1. Pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (s.1)
  2. pendidikan ekonomi akuntansi (s.1)
  3. pendidikan biologi (s.1)
  4. pendidikan matematika (s.1)
  5. pendidikan bahasa & sastra indonesia (s.1)
  6. pendidikan bahasa inggris
  7. pendidikan guru pendidikan anak usia dini (s.1)
  8. pendidikan guru sekolah dasar (s.1)

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru