Organisasi Kemahasiswaan

UKM PECINTA ALAM (MAHIPAL)

14 Februari 2018 oleh admin - 3505

UKM PECINTA ALAM (MAHIPAL)

HISTORY OF MAHIPAL

Dari Tiga Mahasiswa Yang Gemar Melakukan Kegiatan Alam Bebas Yaitu: Sumarti,Willy Chrisbiantoro dan Eko serta di dukung dan dimotivasi Edy Toyibi,Arif Wibisono dan teman yang lain. Di awal langkahnya mereka melakukan pendakian yang pertama di gunung Welirangg, Arjuno, Kembar I dan II (Kawasan Wisata Arjuno – Welirang) pada bulan Pebruari. Di sinilah mereka mulai menemukan apa yang sedang mereka lakukan. Mereka menulis sebuah nama MAHIPAL atau kepanjangan dari Mahasiswa IKIP Pecinta Alam. Dan mereka sepakat untuk mendirikan organisasi Pecinta Alam di kampus sebagai wadah pergerakan para mahasiswa yang suka akan kegiatan di alam bebas.

Untuk mendirikan suatu organisasi tidaklah semudah yang dibayangkan,ini terbukti dengan adanya liku–liku yang ditemui diperjalanannya. Sepulang dari pendakian pertama tersebut,mereka mencoba merekrut mahasiswa yang lain. Dan pada tanggal 18 Maret 1995 mereka melakukan pertemuan pertama yang menghasilkan team koordinator MAHIPAL yang dihadiri 25 Mahasiswa di ruang ECC IKIP PGRI Tuban. Di sela – sela persiapan mewujudkan berdirinya MAHIPAL dari beberapa mahasiswa mengadakan pendakian ke gunung Rinjani ( Lombok NTB ) pada bulan September 1995. selama perjalanan ini mereka diberikan wawasan dan diarahkan kemana arah yang harus mereka tuju,serta tidak lupa mereka mendapatkan pendidikan moral dan fisik yang akan sangat berguna untuk kelangsungan berdirinya MAHIPAL. Dan sesampai di puncak mereka sepakat dan berikrar untuk benar – benar mewujudkan MAHIPAL yang pada waktu itu belum resmi keberadaannya di dalam kampus. Sepulang dari Gunung Rinjani mereka menemui berbagai halangan,namun pada akhirnya mereka mengadakan pertemuan kedua pada tanggal 13 Januari 1996 dengan menghasilkan beberapa hal antara lain

  1. Terbentuknya kepengurusan
  2. Terbentuknya Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga,serta
  3. Almamater Organisasi yang berupa Bendera.

Setelah peresmian pada tanggal 13 Januari 1996 tersebut mereka mulai mengisi dengan berbagai kegiatan yang telah direncanakan dan disepakati bersama.

Untuk meningkatkan Profesionalisme dan kwalitas anggota MAHIPAL,mereka mengadakan kegiatan yang harus mereka lakukan yaitu : Pendidikan Latihan Dasar Kepecintaalaman ( DIKLATSAR ) sebagai modal dasar sebagai anggota Pecinta Alam.

Adapun Pendidikan Latihan Dasar I MAHIPAL IKIP PGRI Tuban diikuti oleh lima orang dan dilaksanakan pada 25 – 30 Juni 1996,masing – masing adalah :

  1. Eko
  2. Retno W
  3. Tri Yanti
  4. Yuni Farida
  5. Zulaekah

Seiring perjalanan dan perkembangannya dari tahun ke tahun MAHIPAL IKIP PGRI Tuban mulai dikenal oleh masyarakat luas terutama masyarakat Kabupaten Tuban. Namun tidak jarang banyak orang ( masyarakat Tuban khususnya pada saat itu ) yang masih beranggapan miring ( negative thingking ) terhadap keberadaan komunitas pecinta alam karena masih dianggap sebagai organisasi yang baru dan dianggap agak berbeda dari organisasi yang lain pada umumnya.

Namun seiring dengan perkembangan zaman dan dengan ditunjukkan dengan segala eksistensinya MAHIPAL IKIP PGRI Tuban mendapat sedikit tempat dan pengakuan dari masyarakat umumnya.

Pada tahun 2007,IKIP PGRI Tuban sebagai Institusi yang menaungi MAHIPAL alih status menjadi Universitas PGRI Ronggolawe ( UNIROW ) Tuban yang tepatnya diresmikan pada 01 April 2007 ( SK Mendiknas Nomor : 08/D/U/2007 ). Maka secara administrative dan Birokratif maka Tepatnya pada 15 April 2007 MAHIPAL mengadakan Rapat Anggota sebagai pemegang kekuasaan tertinggi tentang kebijakan organisasi tentang alih status Institusi yang ada. Dalam rapat Anggota tersebut menghasilkan keputusan bersama yakni : Perubahan Akronim MAHIPAL ( Mahasiswa IKIP Pecinta Alam ) IKIP PGRI Tuban menjadi MAHIPAL ( Mahasiswa Pecinta Alam ) Universitas PGRI Ronggolawe ( UNIROW ) Tuban serta yang diikuti perubahan nama pada almamater organisasi juga ( Bendera,Scraf,Stempel,Emblem dll ). Maka secara resmi Pada tanggal 15 April 2007 MAHIPAL IKIP PGRI Tuban menjadi MAHIPAL Universitas PGRI Ronggolawe ( UNIROW ) Tuban.

Motto : “ Alam Bukanlah Warisan Nenek Moyang Kita Melainkan Titipan Anak Cucu Kita

Pendaftaran PMB Online