Kabar Unirow

Pidato Sambutan Rektor Di Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, Kamis, 1 Juni 2017

02 Juni 2017 oleh admin2 - 7424

Pidato Sambutan Rektor di Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, Kamis, 1 Juni 2017Peringatan Hari Lahir Pancasila Ke-72

Pidato Sambutan Rektor Universitas PGRI Rongolawe Tuban, Dr. Supiana Dian Nurtjahyani, M.Kes. pada Upacara memperingati Hari Lahir Pancasila, di Lapangan depan Gedung Rektorat, Kamis, 1 Juni 2017.

  

"Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

 

Kepada Yth. Bapak Ketua PPLP-PT PGRI Tuban beserta jajarannya,

Kepada Yth. Para Pejabat diluar Universitas Ronggolawe Tuban,

Kepada Yth. Bapak/Ibu Dosen, Bapak/Ibu Karyawan-karyawati serta para mahasiswa-mahasiswi yang kami banggakan.

 

Sebelum saya memberikan amanat, mari kita gelorakan ”Saya Indonesia!, Saya Pancasila!” Terimakasih.

 

Pada kesempatan ini kita masih diberi kesempatan dan kesehatan untuk memperingati hari lahir pancasila. Pancasila sebagai Ideologi negara maupun dasar negara memang sudah mengakar kuat dalam kehidupan kita. Tentunya dengan tema rivitalisasi nilai–nilai pancasila dalam kehidupan berbangsa dan kehidupan bernegara menjiwai setiap langkah kita. Karena bangsa Indonesia, pancasila juga sebagai falsafah hidup. Yang mana pancasila sudah lahir 72 tahun yang lalu bertepatan pada tanggal 01 Juni 1945. Dan memang dituangkan dalam konstitusi Undang-undang  Dasar 1945 pada tanggal 08 Agustus 1945. Sehingga dengan lamanya, Pancasila mengakar dalam kehidupan bangsa Indonesia, tentu pada hari lahir pancasila yang kita peringati ini bisa menjadikan inspirasi kita. Pos moral kita untuk mengamalkannya yang tertuang dalam butir–butir Pancasila.

 

Masih segar dibenak kita bahwa dulu setiap siswa baru, mahasiswa baru, selalu diberi pengamalan dan penghayatan pancasila. Yang mana ada penataran P4, waktunyapun ditentukan sesuai dengan tingkatan. Ada yang 45 jam, ada yang 100 jam. Itu semua adalah upaya bagaimana kita bisa mengamalkan butir-butir pancasila dalam kehidupan dalam berbangsa dan bernegara. Terutama dalam kehidupan kita sehari-hari, karna nilai-nilai luhur pancasila adalah akar budaya bangsa sehingga sangat tepat dijadikan falsafah hidup.

 

Harapan kami selaku pribadi maupun pimpinan peringatan hari lahir pancasila ini merupakan titik momentum kita untuk lebih bisa mengamalkan butir pancasila dalam kehidupan di kampus ini tentunya. Karena kampus kita sekarang butuh solidaritas dan soliditas, gotong-royong untuk bersama-sama bagaimana merekrut mahasiswa baru. Ini berkali-kali kami tegaskan karena tugas kita tahun ini sangat berat, tantangan semakin besar, persaingan semakin ketat, kita harus bergerak cepat. Untuk itu perlu kesatuan persatuan, saling bahu membahu, menyingsingkan lengan baju untuk berlari menggapai cita.

 

Saya kira itu yang perlu kami sampaikan. Dengan ini kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas dedikasi semua pihak yang telah turut ikut memperingati hari lahirnya Pancasila. Sehingga Pancasila benar–benar menjadi falsafah, Ideologi Negara, yang bisa diamalkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

 

Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh."

 

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru