Tuban– Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban pada hari Sabtu (9/10) menjalin kerjasama dengan Perusahaan media dan organisasi media. Kerjasama tersebut ditandatanangi dalam perjanjian kerjasama antara Dekan Fisip Unirow Dr. Usep Supriatna, M.Pd dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tuban, Perusahaan media blokTuban.com, dan Media JTv Bojonegoro. Ketiganya bekerjasama tentang Tri Dharma Perguruan Tinggi dan peningkatan profesionalisme dalam bentuk kuliah tamu, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan magang.

Rektor Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban Prof. Dr. Supiana Dian Nurtjahyani,M.Kes menyampaikan bahwa Prodi Ilmu Komunikasi melalui Fisip Unirow dalam rangka adanya Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud ristek) sudah bekerjasama dengan berbagai Lembaga mulai dari KPU, pengawas pemilu, kampus, hingga pelaku industri.

“Hari ini Fisip melaksanakan Kerjasama dengan Perusahaan dan organisasi media di Kabupaten Tuban” Ungkap Prof. Dian.

Beliau juga menyampaikan bahwa Meski sebelumnya kita sudah sering bekerja sama, namun dengan MoU ini kita saling mendukung dan mewujudkan kinerja institusi masing-masing. Prof Dian berharap, dengan kerja sama ini serta digalakkan program MBKM mahasiswa bisa menjadi agen of change. Selain itu, tidak menjadi penonton di negeri sendiri dan bisa berkarya sesuai bidangnya yang diinginkan. Sehingga, setelah lulus kuliah para mahasiswa tidak menjadi pengangguran serta menerapkan ilmunya dimasyarakat.

Disisi lain, Ketua PWI Kabupaten Tuban Pipiet Wibawanto, S.Pd.,M.Hum juga menyampaikan bahwa pihaknya mengaprisiasi dan menyambut baik kerjasama antara Fisip Unirow dengan PWI Kabupaten Tuban. Dengan adanya kerjasama ini maka Fisip Unirow bisa melaksanakan kegiatan bersama dengan PWI Kabupaten Tuban dan bisa bersama-sama untuk saling membantu dalam menjalankan kerjasama program Lembaga masing-masing.

“Karena zamannya yang sudah maju dan serba digital, maka sebaiknya para mahasiswa juga harus menangkap peluang-peluang yang ada. Terlebih, sesuai bidang kemampuannya masing-masing” Ungkap Mas Pipiet sapaan akrabnya.

Selain itu, Edy Purnomo selaku Pimpinan Umum blokTuban.com juga menyambut baik kerjasama ini karena memberi keuntungan kedua belah pihak. Fisip Unirow mendapat pengalaman lapangan dari blokTuban.com sebagai perusahaan siber lokal di Kabupaten Tuban yang berdiri sejak 2015. Sekaligus menjadi media online pertama di Tuban yang terverifikasi Dewan Pers, dengan memiliki bisnis media yang sehat dan konsisten menyuguhkan konten yang berkualitas untuk pembaca.

“Begitupula blokTuban.com mendapat semangat dan dukungan tentang literasi digital di tengah maraknya kasus hoaks, ujaran kebecian, pelecehan seksual dan kasus kriminal lain di tengah tingginya penggunaan internet di Indonesia,” tegas Edy.

Hal senada Juga disampiakan oleh Khusni Mubarok, M.I.Kom dari Tim Redaksi JTv Bojonegoro yang juga menyambut baik kerjasama ini. Dia juga menilai bahwa kerjasama ini memang menguntungkan dari kedua belah pihak. Selain itu, dia juga menjelaskan bahwa JTv merupakan salah satu stasiun Televisi yang secara manajemen sudah teruji dan berkualitas.

“Sehingga sebagai Media Televisi yang maju, sudah selayaknya ikut andil dalam kemajuan dunia Media dan studi Komunikasi yang ada di Kabupaten Tuban” Ujar Mas Barok sapaan akrabnya.

Untuk diketahui, turut hadir dalam kegiatan tersebut para media di Kabupaten Tuban, Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi, dan Dosen-Dosen di Prodi Ilmu Komunikasi.