Tuban– Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban seringkali berpartisiasi dalam Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dilaksanakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) baik Mahasiswa maupun Dosennya. Kali ini giliran Unirow menjelankan program lain dengan menjalin kerjasama bersama Perguruan Tinggi Negeri yaitu Universitas Brawijaya (UB) Malang yang sudah dimulai sejak Agustus 2021 kemarin.

Dr. Sri Rahmaningsih,S.Pi.,M.P. selaku Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan (FAKANLUT) menjelaskan bahwa kerjasama ini akan dijalankan Bersama antara Unirow dengan UB Malang melalui berbagai kegiatan. Kegiatan ini nantinya akan meliputi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang diperuntukkan seluruh dosen, mahasiswa dan Masyarakat.

“Selain Tri dharma, juga akan ada event Kuliah Umum sampai dengan Diskusi Publik dalam program Dosen Berkarya yang  akan digelar Bersama” Jelasnya.

Bu Rahma sapaan akrabnya menjelaskan bahwa Program ini sangat bagus dan bermanfaat khususnya untuk seluruh dosen serta mahasiswa di FAKANLUT dan FMIPA. Selain itu, mahasiswa dan dosen Unirow berkesempatan memperoleh pengetahuan dan transfer ilmu dari guru besar yang terlibat dalam program dosen berkarya ini.

Lebih lanjut Dosen Ilmu Perikanan tersebut menjelaskan bahwa kegiatan ini sangat bagus dan bermanfaat melalui program yang sudah dilaksanakan yaitu Kuliah Umum pada kegiatan PKKMB UNIROW Tahun 2021 yang dilaksanakan kemarin pada Tanggal 15 September 2021 dengan tema Menjadikan Mahasiswa Mampu Berpikir Kritis, Kreatif, Komunikatif di era MBKM Untuk Merajut Negeri Menghadapi Pandemi.

“Materi yang diberikan sangat menarik dan penuh semangat, sehingga mahasiswa baru sangat antusias yang dibuktikan banyaknya maba yang bertanya” Ungkap Bu Rahma.

Untuk Diketahui bahwa Program Kerjasama ini benama Dosen Berkarya Universitas Brawijaya dengan ketua tim Prof. Amin Setya Leksana, S.Si.,M.Si.,PhD yang akan melaksanakan 8 kegiatan secara bersamaan,  yaitu Kuliah Umum pada kegiatan PKKMB UNIROW Tahun 2021, Dosen UB Mengajar, Kuliah umum Optimasi dan Permodelan Matematika dalam pengolahan limbah rumah tangga dan industri, Pelatihan metodologi penelitian kualitatif dan kuantitatif untuk mahasiswa, Kegiatan Pendampingan penyusunan Proposal Penelitian agar dapat tembus hibah RISTEKDIKTI, Pelatihan penyusunan artikel hasil penelitian untuk publikasi Jurnal Internasional bereputasi, Diskusi Publik dengan tema “PERMASALAHAN PESISIR TUBAN DAN SOLUSINYA” dan Pengabdian Masyarakat yang bertema Strategi Pengelolaan Potensi Desa Untuk Meningkatkan Antusiasme Ekowisata Dimasa Pandemi.