Tuban– Setiap Dosen di Perguruan Tinggi dituntut untuk melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Kali ini Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban melaksanakan kegiatan Pendampingan penyusunan proposal penelitian agar dapat tembus hibah ristekdikti. Kegiatan yang dilaksanakan di Laboratorium Pendidikan Ekonomi pada hari ini (23/10) diikuti oleh 28 Dosen Unirow. Kegiatan yang dilaksanakan secara luring ini menghadirkan Narasumber dari Universitas Brawijaya (UB) Malang yaitu Prof. Dr. Ir. Gatot Ciptadi, DESS., IPU., ASEAN Eng.

Dalam pemaparan materinya, Prof. Dr. Ir. Gatot Ciptadi, DESS., IPU., ASEAN Eng. Menjelaskan tips supaya lolos hibah penelitian. Selain itu, beliau juga menjelaskan Pentingnya road map penelitian untuk menghasilkan proposal yang lolos hibah.

“Road map ini merupakan peta jalan dalam melaksanakan penelitian, sehingga bisa lebih terarah dalam penelitian” Jelas Guru Besar UB tersebut.

Di tempat yang sama, Rektor Unirow Tuban dalam sambutannya menyampaikan Apresiasi dan Ucapan terimakasih kepada Para Tim Dosen Berkarya dari Unirow dan UB. Beliau berharap dengan adanya kegiatan ini akan ada banyak Dosen dari Unirow yang bisa mendapatkan Hibah Penelitian atau Pengabdian Kepada Masyarakat dari Ristekdikti.

“dengan adanya kegiatan ini Bapak atau Ibu Dosen dapat memahami pentingnya road map penelitian dan harapannya bisa mendapatkan Hibah dari ristekdikti” Ungkap Prof. Dian sapaan akrabnya.

Lebih lanjut, beliau juga menyampaikan bahwa Dosen harus ada di garda terdepan dalam menyambut tantangan perubahan dengan turut serta dalam peningkatan ilmu pengetahuan. Dunia ini dinamis, jadi manusia harus mau terus belajar dan berkembang agar tidak tertinggal.

Untuk Diketahui bahwa selain kegiatan Kegiatan Pendampingan penyusunan Proposal Penelitian agar dapat tembus hibah RISTEKDIKTI, Program Kerjasama Dosen Berkarya ini telah melaksanakan 7 kegiatan,  yaitu Kuliah Umum pada kegiatan PKKMB UNIROW Tahun 2021, Dosen UB Mengajar, Kuliah umum Optimasi dan Permodelan Matematika dalam pengolahan limbah rumah tangga dan industri, Pelatihan metodologi penelitian kualitatif dan kuantitatif untuk mahasiswa, Pelatihan penyusunan artikel hasil penelitian untuk Publikasi Jurnal Internasional bereputasi, Diskusi Publik dengan tema “PERMASALAHAN PESISIR TUBAN DAN SOLUSINYA” dan Pengabdian Masyarakat yang bertema Strategi Pengelolaan Potensi Desa Untuk Meningkatkan Antusiasme Ekowisata Dimasa Pandemi.