SELEKSI BEASISWA PERTAMINA SOBAT BUMI 2020

PF Prestasi adalah salah satu bentuk komitmen PT. Pertamina (Persero) dan Pertamina Foundation dalam peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia dalam menghadapi persaingan global yang kompetitif dalam kreatifitas, inovasi, dan teknologi. Salah satu bentuk dukungan untuk kemajuan di bidang pedidikan diberikan beasiswa S1 untuk putra-putri terbaik di seluruh Indonesia.

Beasiswa Pertamina Sobat Bumi 2020 merupakan apresiasi kepada mahasiswa yang berprestasi secara akademik, aktif dalam organisasi atau kegiatan sosial-kemasyarakatan, memiliki kepedulian terhadap lingkungan, dan mengikuti pendidikan di kampus mitra Pertamina Foundation. Pertimbangan khusus diberikan kepada mahasiswa dari keluarga kurang mampu dan khusus pada tahun 2020 dengan kondisi wabah pandemik covid-19 diberikan prioritas bsgi mahasiswa yang terdampak virus corona.

Dengan dukungan kecanggihan teknologi informasi, skema Beasiswa Pertamina Sobat Bumi 2020 mengalami penyesuaian akibat kondisi pandemi covid-19 yakni dari system komunikasi (publikasi), pendaftaran, seleksi Administrasi, seleksi interview, perjanjian sampai dengan pembayaran beasiswa dilakukan tanpa pertemuan fisik atau tatap muka. Detail tata kelola Beasiswa Pertamina Sobat Bumi sebagaimana penjelasan berikut:

A. Syarat Calon Penerima Beasiswa

  1. Mahasiswa S1 Semester IV
  2. IPK sampai semester III,adalah > 3,0 skala 4
  3. Aktif ikut organisasi/ kegiatan sosial kemasyarakatan/ lingkungan hidup
  4. Tidak sedang menerima beasiswa dari pihak manapun
  5. Membuat karya tulis, dengan tema: “Aksi Kreatif Pencegahan Penyebaran dan Penanganan Covid-19”. Ketentuan minimal 3 halaman quarto spasi 1,5.
  6. Kuliah di kampus mitra Pertamina Foundation

Prosedur dan ketentuan selengkapnya dapat diunduh pada lampiran berikut.

065. Lampiran



Untuk setiap tahun akademik, mahasiswa berkesempatan memperoleh beasiswa dari berbagai instansi, diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Beasiswa Bidikmisi dari Kemenristekdikti untuk calon mahasiswa berprestasi dan kurang mampu
  2. Beasiswa PPA dari Kemenristekdikti untuk mahasiswa yang mempunyai prestasi akademik dan nonakademik 
  3. Beasiswa dari Baznas untuk mahasiswa berprestasi dan kurang mampu
  4. Beasiswa Pertamina Foundation
  5. Beasiswa dari instansi lain

Informasi lebih lanjut, dapat ditanyakan di bagian kemahasiswaan Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban


PENDAFTARAN BEASISWA BIDIKMISI

  1. Sekolah dan atau calon yang tidak dapat melakukan tahapan pendaftaran Bidikmisi secara on-line untuk seleksi mandiri karena keterbatasan akses internet,maka:
    1. Calon mengisi formulir yang terdapat di dalam lampiran buku pedoman bidikmisi 2018, da selanjutnya formulir yang telah diisi beserta   berkas persyaratan lainnya disampaikan ke kepala sekolah.
    2. Kepala Sekolah mengirimkan formulir rekomendasi, formulir pendaftaran beserta kelengkapan berkas lainnya secara kolektif ke Rektor.
  2.  Berkas yang harus dikirim meliputi:
    1. Formulir pendaftaran Bidikmisi yang sudah terisi
    2. Surat keterangan lulus dari Kepala Sekolah
    3. Fotokopi rapor semester 1 (satu) s.d 6 (enam) yang dilegalisir oleh kepala sekolah
    4. Fotokopi ijazah yang dilegalisir oleh kepala sekolah
    5. Fotokopi nilai ujian akhir nasional yang dilegalisir oleh kepala sekolah
    6. Surat keterangan tentang prestasi/peringkat siswa di kelas dan bukti pendukung prestasi lain di kegiatan ekstrakurikuler yang disahkan (legalisasi) oleh kepala sekolah (jika ada);
    7. Kartu Indonesia Pintar (KIP), Beasiswa Siswa Miskin (BSM), atau sejenis (jika ada);
    8. bagi yang belum memenuhi syarat butir (g) di atas, maka harus membawa Surat Keterangan penghasilan Orang Tua/Wali atau Surat Keterangan Tidak Mampu yang dikeluarkan oleh Kepala Desa/Kepala Dusun/Instalasi tempat orang tua bekerja/tokoh masyarakat;
    9. Fotokopi Kartu Keluarga;
    10. Fotokopi rekening listrik bulan terakhir (apabila tersedia aliran listrik) dan atau bukti pembayaran PBB (apabila mempunyai bukti pembayaran) dari Orang Tua/Wali-nya.