Tuban– Program kerjasama antara Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban dengan Universitas Brawijaya (UB) Malang terus dilaksanakan oleh kedua belah pihak. Kali ini kerjasama dilaksanakan dalam bentuk Pelatihan metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif untuk Mahasiswa Unirow. Kegiatan yang dilaksanakan secara daring pada hari Sabtu (9/10) menghadirkan narasumber Prof. Dr. Marjono. M.Phil yang merupakan Direktur Pascasarjana Universitas Brawijaya dan Ir. Bambang Semedi,M.Sc.,Ph.D Dosen FPIK Universitas Brawijaya.

Yuyun Suprapti selaku Dosen Ilmu Perikanan Unirow menyampaikan bahwa Mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 300 orang dari Angkatan 2018 dan 2019. Selain mahasiswa, pelatihan ini juga diikuti oleh Dosen Pengampu mata kuliah Metode Penelitian.

“Peserta sangat antusias yang terbukti dari banyaknya peserta yang bertanya” Jelasnya

Lebih lanjut, Bu Yuyun Sapaan akrabnya juga menjelaskan bahwa kegiatan ini menambah wawasan para peserta, apalagi para narasumber menjelaskan secara lugas dan jelas. Ditambah para narasumber yang memiliki rumpun keilmuan yang berbeda. Misal Prof. Marjono yang ahli di bidang filosofi memberikan penjelasan bahwa menentukan permasalahan dalam penelitian bisa diibaratkan dengan apa yang kita lakukan sehari-hari.

“Sedangkan Pak Bambang menjelaskan bahwa suatu penelitian itu harus melewati step yang runtut” Ungkapnya

Bu Yuyun juga berharap bahwa Pelatihan seperti ini perlu secara rutin dilaksanakan baik melalui luring maupun daring, karena setiap tahun akan selalu ada angkatan yang melakukan penelitian atau skripsi. Penyegaran teori dari Dosen diluar Universitas bisa memberikan charger energi bagi mahasiswa unirow terlebih bila narasumbernya memiliki trik dalam menulis dengan menyenangkan.