SELEKSI BEASISWA PERTAMINA SOBAT BUMI 2020

PF Prestasi adalah salah satu bentuk komitmen PT. Pertamina (Persero) dan Pertamina Foundation dalam peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia dalam menghadapi persaingan global yang kompetitif dalam kreatifitas, inovasi, dan teknologi.

Salah satu bentuk dukungan untuk kemajuan di bidang pedidikan diberikan beasiswa S1 untuk putra-putri terbaik di seluruh Indonesia.

Beasiswa Pertamina Sobat Bumi 2020 merupakan apresiasi kepada mahasiswa yang berprestasi secara akademik, aktif dalam organisasi atau kegiatan sosial-kemasyarakatan, memiliki kepedulian terhadap lingkungan, dan mengikuti pendidikan di kampus mitra Pertamina Foundation. Pertimbangan khusus diberikan kepada mahasiswa dari keluarga kurang mampu dan khusus pada tahun 2020 dengan kondisi wabah pandemik covid-19 diberikan prioritas bsgi mahasiswa yang terdampak virus corona.

Dengan dukungan kecanggihan teknologi informasi, skema Beasiswa Pertamina Sobat Bumi 2020 mengalami penyesuaian akibat kondisi pandemi covid-19 yakni dari system komunikasi (publikasi), pendaftaran, seleksi Administrasi, seleksi interview, perjanjian sampai dengan pembayaran beasiswa dilakukan tanpa pertemuan fisik atau tatap muka. Detail tata kelola Beasiswa Pertamina Sobat Bumi sebagaimana penjelasan berikut:

A. Syarat Calon Penerima Beasiswa

  1. Mahasiswa S1 Semester II, IV dan VI
  2. IPK sampai semester III,adalah > 3,0 skala 4
  3. Aktif ikut organisasi/ kegiatan sosial kemasyarakatan/ lingkungan hidup
  4. Tidak sedang menerima beasiswa dari pihak manapun
  5. Membuat karya tulis, dengan tema: “Aksi Kreatif Pencegahan Penyebaran dan Penanganan Covid-19”. Ketentuan minimal 3 halaman quarto spasi 1,5.
  6. Kuliah di kampus mitra Pertamina Foundation

B. Prosedur

  1. Mahasiswa melakukan pendaftaran secara langsung pada aplikasi berbasis web di laman beasiswa.pertaminafoundation.org. dengan tahapan sebagai berikut:
    a. Registrasi akun; 
    b. Mengisi form di aplikasi berbasis web; Pastikan pada saat akan mengisi/memilih Pilih Universitas, isian Pilih Beasiswa dipilih  “Beasiswa Pertamina Afirmasi Daerah Operasi
    c. Submit dokumen dan karya tulis dengan tema “Aksi Kreatif Pencegahan Penyebaran dan Penanganan Covid-19” Pemberitahuan lolos/tidak lolos dan jadwal tahapan seleksi wawancara (video conference/teleconference) melalui website PF, akun dan email pendaftar beasiswa.
  2. Prosedur dan ketentuan selengkapnya dapat diunduh pada lampiran berikut.

065. Lampiran